Keanekaragaman Fauna Indonesia

Keanekaragaman Fauna Indonesia

        Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, salah satunya berbagai jenis fauna yang sangat beragam. Setiap negara memiliki ciri khas sendiri terhadap flora dan fauna yang mendiaminya. Begitu dengan Indonesia. Indonesia terletak di daerah tropik, sehingga memiliki hutan hujan tropis yang kaya akan berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Indonesia terletak di dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia. Oleh karena itu karakteristik hewan-hewan di Indonesia pun dipengaruhi oleh kedua benua tersebut. Indonesia merupakan negara kepulauan. Hal ini membuat setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing dalam flora dan faunanya. Indonesia terletak di dua kawasan persebaran dunia yaitu Australis dan oriental.

        Fauna Indonesia sangat menyebar. Persebarannya tidak hanya ada di darat, akan tetapi juga di laut. Darat dan laut Indonesia saling bersatu padu untuk membentuk sebuah habitat yang nyaman bagi fauna yang menggantungkan hidupnya pada alam Indonesia.

        Beberapa jenis keanekaragaman hewan di Indonesia berdasarkan jenisnya adalah mamalia, aves atau burung, invertebrata, ikan, amphibi, reptil, dan lain sebagainya. Beberapa di antaranya merupakan hewan endemik yang hanya ada di Indonesia. Semua jenis keanekaragaman hewan tersebut mencerminkan kekayaan alam dan kesehatan alam yang ada di Indonesia.

        Untuk melindungi beragam fauna Indonesia, perlu diadakan sebuah konservasi di berbagai wilayah. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa fauna yang memiliki habitat asli Indonesia tersebut bisa terus hidup dan lestari sampai kapan pun. Berikut ini adalah berbagai macam daerah konservasi yang ada di Indonesia.

1. Taman Nasional Lore Lindu (Sulawesi)

        Taman Nasional Lore Lindu ini terletak di ketinggian mencapai 1.000 mdpl. Vegetasi utama dari taman nasional ini adalah hutan dan pegunungan. Daerah ini merupakan wilayah zona peralihan yaitu wilayah Asia dan Australia. Perlu diketahui juga bahwa di kawasan ini merupakan habitat terbesar mamalia asli Sulawesi dan terdapat kurang lebih 55 jenis kelelawar dan 230 jenis burung.

2. Taman Nasional Ujung Kulon (Banten)

        Daerah konservasi kedua flora dan fauna Indonesia ini terletak di ujung barat Pulau Jawa dan dikenal sebagai rumah bagi badak jawa. Di wilayah ini, datarannya dipenuhi oleh hutan yang memiliki banyak pohon palem. Selain itu, Taman Nasional Ujung Kulon juga memiliki hutan di pinggir pantai yang sangat indah.

3. Waigeo Barat (Raja Ampat)

        Daerah ini memiliki bentangan alam yang terdiri dari berbagai pulau yaitu Sulawesi, Batanta, dan Missol. Di Waigeo Barat ini menyimpan banyak sekali flora dan fauna Indonesia bagian timur. Selain itu, beberapa pulau yang bersatu padu tersebut juga membentuk gugusan yang sangat indah. Tempat ini juga cocok sebagai destinasi wisata.

4. Taman Nasional Kerinci Seblat (Sumatera)

        Daerah konservasi keempat adalah Taman Nasional Kerinci Seblat yang terletak di Sumatera. Daerah ini dipenuhi dengan bentangan alam berupa dataran tinggi, rawa air tawar, pegunungan, hutan, dan subalpin. Di daerah ini, menyimpan berbagai jenis flora dan fauna khas Sumatera.

5. Taman Nasional Gunung Leuser (Sumatera)

        Taman Nasional Gunung Leuser merupakan wilayah yang berada di ketinggian 3.404 mdpl. Taman ini merupakan salah satu wilayah konservasi yang terpenting di Asia, karena keragaman habitatnya. Lebih dari 89 jenis spesies langka yang berhasil berkembang biak dan dilindungi di taman nasional ini. di antaranya adalah orangutan sumatera, badak sumatera, harimau sumatera, beruang madu, gajah sumatera, rangkong papan, ajag, dan siamang.

6. Tanjung Puting (Kalimantan)

        Wilayah konservasi ini sangat spesial karena dipilih oleh UNESCO sebagai cagar biosfer. Kawasan ini menjadi rumah bagi ribuan flora dan fauna Indonesia, khususnya orangutan. Bentang alam yang cukup dikenal adalah Tanjung Harapan, yang meliputi area pantai. Di Tanjung Puting juga terdapat tempat rehabilitasi orangutan yang disebut sebagai Camp Leakey.

Demikian adalah keanekaragaman fauna Indonesia yang meliputi pembagian tiga zona yang penting untuk diketahui. Beberapa di antaranya memang terancam punah, oleh karena itu konservasi alam dibuat untuk melindungi fauna Indonesia dari ancaman kepunahan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama